Hot Books

Massage

Sabtu, 11 Februari 2012

Pengertian Provisional Sum

Dalam dunia konstruksi, sering kita mendengar istilah Provisional Sum tertera di dalam daftar BQ (Bill of Quantity). Apakah pengertian Provisional Sum?

Provisional Sum atau yang biasa disebut sebagai prov sum saja, merupakan istilah yang digunakan untuk item pekerjaan yang belum pasti quantity ataupun volume pekerjaannya. Dalam hal ini, maka yang mengikat dalam kontrak adalah harga satuannya saja. Volume maupun quantity yang tertera di dalam dokumen BQ hanyalah perkiraan dari quantity surveyor. Selanjutnya, volume pekerjaan tersebut akan dihitung kembali ketika pekerjaan itu dilaksanakan bersama sama quantity surveyor. Jika dalam kenyataannya pekerjaan tersebut volumenya lebih kecil dari yang tertera di dalam dokumen BQ, maka kekurangan tersebut akan menjadi pekerjaan kurang oleh kontraktor. Sebaliknya, jika volume sesungguhnya di lapangan ternyata lebih besar, maka akan menjadi pekerjaan tambah.

Provisional sum sering digunakan di dalam BQ karena tidak semua pekerjaan dapat dipastikan quantity nya. Ketidak pastian quantity ini dikarenakan beberapa hal diantaranya:

1. Gambar desain belum tersedia

2. Pekerjaan tersebut berbeda volume untuk tiap sistem, sedangkan tiap kontraktor pelaksana punya sistem uniknya tersendiri (misal pekerjaan STP/ Sewage Treatment Plant)

3. Terhambat oleh kondisi lapangan dll (misal pekerjaan galian)



Quantity Surveyor
Provisional Sum


Sumber: dmercy corporation
Redaksi: dmercy corporation



Tidak ada komentar:

Feed me Please

Daftar Isi