Hot Books

Massage

Senin, 18 Juni 2012

Contoh Penggunaan Fungsi SUMIF pada Microsoft Excel 2010



Berikut merupakan salah satu penggunaan fungsi SUMIF yang merupakan salah satu fungsi default yang terdapat dalam Microsoft Excel 2010.

Seperti namanya, fungsi SUMIF berfungsi untuk menjumlahkan beberapa cell dengan kriteria, SUMIF = JUMLAHJIKA. Untuk memahami fungsi ini, saya akan langsung praktekkan penggunaannya di contoh soal di bawah ini:
 A         B                                 C                        D

No Uraian Metode Pembayaran Biaya
1 Telur Dadar Tunai 5000
2 Nasi Putih Kredit 1000
3 Sayur Mayur Tunai 2000
4 Susu Kredit 3000
5 Mentega Tunai 2500
Total Tunai 9500
Total Kredit 4000

(Untuk Mempermudah pembelajaran, anda dapat copy paste file di atas ke Ms Excel)


Tabel di atas merupakan contoh aplikasi sederhana fungsi SUMIF. Fungsi ini saya gunakan untuk mengetahui jumlah biaya yang dilakukan secara tunai dan secara kredit. Peraturan penulisan fungsi SUMIF adalah sebagai berikut

=SUMIF(Range;Criteria;[Sum_Range])
note: di beberapa versi excel sebelumnya, tanda titik koma terkadang menjadi koma saja

Jika saya menerjemahkan peraturan tersebut dalam kasus pada tabel di atas, maka yang harus saya tulis  untuk mengisi Total Tunai adalah:

=SUMIF(C2:C7;C2;D2:D7)

Jika diterjemahkan secara bebas, perintah yang saya tulis diatas diartikan oleh excel sebagai menjumlahkan dengan range yang dijadikan syarat adalah C2-C7, syarat yang harus dipenuhi adalah seperti cell C2 (Tunai), dan yang akan dijumlahkan adalah semua yang memenuhi kriteria tersebut tadi yang terdapat pada range D2-D7. (Mudah-mudahan Anda tidak semakin bingung setelah membaca pengertian tadi, hehe). Dengan aturan yang sama, maka yang perlu saya tulis pada Total Kredit adalah:

=SUMIF(C2:C7;C3;D2:D7)

Nah, Jika Anda merasa kebingungan dengan penjelasan saya di atas, ada baiknya anda memulai praktek langsung pada MS Excel. Seperti kata pepatah, orang yang memakan apel tidak akan mampu menjelaskan rasa apel kepada orang lain sebelum orang tersebut memakan apel itu sendiri. 

Penggunaan SUMIF di atas hanyalah salah satu dari sekian banyak variasi penggunaan SUMIF. Untuk penggunaan yang lain, Anda bisa mencoba coba sendiri dengan berbekal dari fungsi help yang tersedia di MS Excel. Criteria yang ditulis di tengah, tidak selalu berupa alamat cell, melainkan dapat juga ditulis sebagai sebuah expression seperti >5, "Tunai", dll.

Semoga bermanfaat

Sumber: berbagai sumber
Redaksi: dmercy corporation

Silahkan memberikan komentar jika ada yang perlu dikoreksi atau ada yang perlu dilengkapi dalam artikel di atas. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi dmercy_community@yahoo.co.uk

Belanja di Amazon.com itu mudah dan murah, yang bingung mencari kado untuk cowoknya, jam tangan ini sepertinya cocok!


2 komentar:

zen mengatakan...

artikelnya bagus buat yg sedang belajar excel

dmercy mengatakan...

terima kasih telah berkunjung, maaf bila jarang update ...

Feed me Please

Daftar Isi